MADURA MENYAMBUT JEMBATAN SURAMADU

2 12 2008

Akhir tahun 2008 merupakan batas akhir selesainya jembatan SURAMADU (jembatan penghubung antara kota Surabaya dengan Pulau Madura), dengan selesainnya jembatan Suramadu bukan berarti tugas dan tanggungjawab pemerintah dan masyarakat Madura selesai, tetapi tugas dan tanggungjawab Pemerintah dan masyarakat lebih besar, karena mempersiapkan masyarakat Madura menyambut SURAMADU merupakan hal yang paling pokok, jadi tugas dan tangungjawab masih ada.

Suramadu akan berimplikasi kepada persoalan ekonami, budaya, ekologi dan moral masyarakat madura. artinya adanya Suramada secara otomatis ekonomi masyarakat Madura akan meningkat karena alat transportasi telah difasilitasi oleh Pemerintah secara otomatis laju perekonomian akan lebih baik. tetapi majunya perekonomian akan menjadi cerita yang menyedihkan jika Madura sebagai sumber ekonomi baru bagi masyarakat luar Madura yang berhijrah ke Madura dapat mengalahkan masyarakat lokal Madura, karena masyarakat Madura tidak siap secara SDM (sumber daya manusia) dan tidak memiliki skil untuk ditawarkan. maka masyarakat Madura akan menjadi buruh di negerinya sendiri.

Suramadu akan menjadi mediator akulturasinya dua budaya antara budaya lokal Madura dengan budaya luar Madura, ini menjadi bumerang bagi masyarakat Madura jika masyarakat Madura tidak mampu memfilter akulturasi-akulturasi budaya dari luar yang masuk ke Madura. sihingga budaya-budaya madura yang luguh kepada orang lain, santun dalam bersikap dan berbicara serta menghormati orang yang lebih tua akan menjadi kenangan belaka jiga budaya madura tersebut telah dijajah oleh budaya-budaya luar yang menghilangkan norma-norma moral tersebut.

selain dua dampak tersebut, ada dampak lain dari adanya SURAMADU tersebut, yaitu dampak ekologis, banyaknya pengusaha luar yang masuk ke Madura dan seluruhnya ingin mendirikan perusahaan, hal tersebut mengikis lahan-lahal yang dulunya merupakan lahan pertanian dan kelautan telah dikonversi menjadi lahan perindustrian. pemerintah harus betul-betul mengantisipasi hal tersebut dengan kebijakan-kebijakannya. tidak hanya lahan polusi juga menjadi masalah yang serius.

tetapi membangun sebuah wilayah seperti madura harus membutuhkan pengorbanan, tetapi yang lebih penting dari pengorbanan bagaimana pemerintah dan masyarakat Madura seluruhnya dapat mempersiapkan diri untuk menyambut selesainya jembatan SURAMADU tersebut. pemerintah harus berani mengeluarkan klebijakan-kebijakan yang pro masyarakat madura dan ekologi madura. Bagi masyarakat berpendidikan tinggi dan memiliki skil keterampilan menjadi modal yang handal untuk surfef dalam dunia global.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: